Beberapa tahun belakangan ini, Indonesia memiliki banyak sekali penggemar lari yang lambat laun sudah makin sadar atas pentingnya kesehatan. Karena itu, banyak event lari maraton yang diadakan di Indonesia, termasuk event lari bergengsi tingkat internasional. Bagaimana tidak? Dalam setahun, terhitung paling tidak ada 100 event lari di seluruh Indonesia.
Sebut saja, Jakarta Color Run tahun 2016 yang diramaikan oleh paling tidak 13.000 peserta, juga event besar lainnya seperti Bali Marathon, Borobudur 10K, Bromo Marathon, The Jakarta Marathon, dll. Popularitasnya tidak perlu dipertanyakan lagi; karena banyaknya komunitas lari di Indonesia, berita tentang event lari apapun pasti akan terdengar calon peserta lari yang tidak sabar untuk berpartisipasi.
Karena itu, event lari maraton adalah kesempatan emas bagi perusahaan sponsor untuk mendapatkan perhatian publik. Namun untuk mengimbangi antusiasme peserta lari yang tinggi, para sponsor perlu menerapkan strategi promosi yang unik dan tepat, salah satunya dengan booth atau stan tato temporer yang menyediakan tato temporer custom (customized temporary tattoos) bagi para peserta lari dengan desain menarik sesuai tema maraton (sekaligus berisikan nama atau logo perusahaan sponsor), misal pada garis 'start' ataupun 'finish'. Pastinya, setiap orang suka mengingat momentum meriah pada lari maraton ini, dan akan lebih menarik bila dapat memakainya di tubuh mereka!
Haribo, perusahaan sponsor asal Singapura ini contohnya, sudah menerapkan strategi pemasaran dengan tato temporer ini, dan berlangsung sangat sukses menuai antusiasme dan animo positif dari masyarakat. Pada event lari Color Run Singapura tahun 2016, Haribo memasang stan untuk distribusi permen sebagai tambahan kalori dan energi pelari. Permen ini, disusun bersebelahan dengan tato temporer dengan desain warna-warni dan lucu, sangat sesuai dengan brand image Haribo itu sendiri. Tim Haribo mengaku bahwa mereka sangat puas dengan respon yang luar biasa positif dari publik terhadap brand mereka.